Kamis, 16 Juli 2015

HIDUP SETELAH MATI



Bagi anda yang masih tidak menyakini akan adanya tuhan, atau percaya namun masih saja berbuat makasiat seolah-olah tidak menyakini adanya tuhan yag maha melihat dan mengetahui fikirkanlah hal ini “Semua yang bernyawa pasti akan mati”. Sudah kita ketahui dengan jelas kita hidup didunia ini tidak pernah bertemu dengan orang-orang dari 1000, 500, atau 200 tahun yang lalu semua manusia pada jaman tersebut sudah MATI tidak ada yang tersisa.  Jadi bersiaplah kitapun akan mati cepat atau lambat. Namun yang perlu anda jauh fikirkan dan renungkan adalah KEHIDUPAN SESUDAH MATI banyak orang yang tidak percaya dan lalai dalam memikirkan hal ini, padahal inilah kehidupan yang abadi dan kekal. Kalau didunia kita hidup sampai usia sekitar 70 tahun disini kita akan hidup KEKAL, ABADI, NO LIMIT.!
Kenapa kita bisa lupa dan lalai akan hal ini.?
Kita terlupa karena hawa nafsu kita yang kita PETURUTI dan yang telah kita jadikan “TUHAN”.  Kita tersibukkan dengan aktivitas kita dalam meraih dunia ini, sehinnga itu semua melalaikan diri kita kepada allah.
Sungguh malang diri ini jika kita termasuk orang-orang yang demikian.
Lantas dibuku “HIDUP SESUDAH MATI” yang ditulis oleh H. BEY ARIFIN menyadarkan kita akan hidup yang akan kita lalui setelah mati yang ABADI dan KEKAL itu.
Dibuku ini dijelaskan logika yang maha logic yaitu bagaimana perbandingan antara orang yang hidup didunia dia senang membantu orang lain, ramah tamah kepada orang lain, rajin belajar, mendidik orang – orang agar patuh pada tuhan dan kuat serta tangguh menjalani hidup ini dengan orang yang suka berbuat kerusakan didunia ini seperti hutang yang tidak dibayar-bayar, membunuh, berzina, berbohong, memuja syetan, lalai mengingat allah, lantas ketika kedua orang itu mati apakah hanya sekedar mati dan semua sudah berakhir didalam tanah semua hal itu..??
Tentu saja tidak, karena itu sangat tidak adil bukan.?
Semua yang mati jelas akan mendapatkan kehidupan sesuai dengan apa yang ia perbuat di muka bumi ini. Jika dia berbuat kebaikan maka dia akan hidup senang, didalam kuburnya terang dan dia ditemani seseorang yang ganteng rupanya sebagai bentuk perwujudan amal baiknya. Kebalikannya bagi orang yang berbuat keburukan maka didalam kubur dia kegelapan, kesempitan, ada ular yang akan mematuknya dan menyiksanya serta dia ditemani degan orang yang sangat buruk rupanya sebagai perwujudan amal buruknya didunia.
Dikisahkan jika orang-orang yang berbuat kebaikan ketika dia sudah dikubur maka malaikat datang dan menanyai ia dengan pertanyaan yang kita semua sudah hafal yaitu :
a.    Siapa tuhanmu.?
b.    Siapa nabimu.?
Dikisahkan untuk pertanyaan siapa nabimu malaikat akan bertanya seperi ini “apa yang kamu ketahui tentang “MUHAMMAD”.? Bagi orang-orang yang beriman dan senantiasa mengikuti sunah rasulullah, mempelajari sirah nabawiyah, dan dia menjadikan nabi muhammad sebagai idolanya lantas ia akan mudah menjawab pertanyaan tersebut.
Tetapi bagi orang yang kafir suka berbuat keburukan baik dia muslim atau tidak maka dia akan kesulitan menjawab pertantayaan – pertanyaan diatas. Boro-boro megenal nabi muhammad, mengenal allah saja tidak.  Dia sibuk mengejar apa yang dia inginkan didunia ini selama dia hidup didunia dan lalai akan allah dan rasulnya. Maka ketika dia idak mampu menjawab pertanyaan sang malaikat, maka malaikat memukulnya dengan tongkat besi yang besar yang membuat ia berteriak sehingga semua makhluk mendengarnya kecuali manusia, dia disiksa dan diperlihatkan nereka kepadanya sebagai tempat kembalinya. Dikisahkan ketika orang yang suka bermaksiat dikubur dan datang ular yang siap menerkamnya lantas muncullah ular - ular kecil dari mata, telinga, hidungnya sebagai perwujudan amal baiknya seperti sedekahnya, membantu orang tua namun kalau hanya sedikit tetap saja ular-ular kecil itu kalah oleh si ular yang siap menikam anda. Asthfirullahaladzim...
Dari sini kita dapat menyimpulkan betapa meruginya orang-orang yang berbuat keburukan dan betapa bahagianya orang yang berbuat kebaikan dikehidupan sesudah mati. Maka yakinilah dan ingat-ingatlah akan hal ini sehingga kita dapat mengontrol diri kita dari kemaksiatan. Bahkan bahasa pasarannya kalau mau untung-untugan ada atau tidaknya kehidupan sesudah mati jelas lebih baik kita menyakininya dan berbuat baik didunia karena ternyata kalau beneran ada gimana.?? Di dalam kubur kita sudah gak bisa berbuat apa-apa lagi. Ya tamatlah kita, rugi besarlah kita.
Dikisahkan setelah berakhir kehidupan dialam kubur, maka manusia dibangkitkan dan disinilah setiap manusia mempertanggung jawabkan setiap amal perbuatannya.
Seperti yang di terangkan dalam surat al-zalzalah kebaikan sekcil apapun akan dibalas begitu pula dengan kejahatan. Disinilah pengadilan yang seadil-adilnya, seperti kita tahu bahwa didunia ini sudah sangat banyak yang tidak beres seperti yang benar menjadi salah, yang salah menjadi benar. Orang baik dubunuh, orang jahat bersuka cita. Si fulan yang masih punya hutang dengan sifulana maka dia harus mempertanggung jawabkannya dihari ini maka dipanggilah si fulana oleh allah. “fulana pun berkata yan alllah sifulan dulu masih punya hutang kepada saya tetapi tak pernah dia membayarnya, maka allah pun meberi pahala si fulan kepada fulana untuk membayar hutangnya, jika pahala fulan sudah habis maka diambilah dosa fulana dan diberikan kepada si fulan”. Aduhai malang sekali nasib orang-orang seperti fulan kelak diakhirat.
Masing-masing orang akan dihisab dan yang pertama kali dihisab adalah perkara tentang solat maka barang siapa yang solatnya bagus tidak pernah mangkir, khusyu maka beruntunglah ia. Diceritaan bahwa jika seseoarang solatnya bagus maka langsung dicap lolos ke syurga. Namun jika solatnya sering mangkir dan lalai maka celakalah ia. Semoga kita yang masih diberi kesempatan ini dapat terus belajar agar solat kita dapat selalu khusyu.
Setalah manusia dihisab amal perbuatannya, semua orang sudah mendapatkan buku amal perbuatan mereka masing-masing, maka setiap orang sudah tahu kemana tempat dia kembali neraka atau syurga. Banyangkan betapa resahnya hari itu pertama ketika dia dihisab, kita resah apakah lebih berat amal baik atau amal buruk kita, kedua takut dan resah ketika sudah mendapatkan buku amal perbuatan kita dan kita tahu kala kita akan masuk neraka. Aduhai malangnya orang-orang yang akan masuk neraka.
Orang orang yang masuk neraka maka amat menyesallah dia, dia meminta untuk dikembalikan ke dunia namun tidak mungkin, dia meminta siksaanya di kurangi juga tidak diberi. Mereka akan sangat lebih menyesal karena iblis akan berkhutbah dineraka seperti yang terdapat pada al-qur’an iblis berkata sesungguhnya bukan saya yang memasukkan kamu kedalam neraka melainkan kamu sendirilah yang memasukkan dirimu kedalam nereka  aku hanya menghasutmu menjajikanmu sesuatu yang baik tetapi aku mendustakannya. Betapa menyesalnya orang-orang di neraka itu yang telah dihasut iblis untuk berbuat maksiat dan mendengarkan langsung perkataan makhluk yang membohonginya atau menjerumuskannya itu. Rasanya pengen jitak kepalanya tetapi apa daya kita sendiri saja sudah sangat sibuk dengan siksaan yang kita dapat. Semoga anda semua dan anak cucu anda diberi perlindungan oleh allah dari gangguan syetan yang terkutuk, dikuatkan hatinya untuk tetap taat kepada allah swt. Amiin yarabbal alamin.
Dan orang-orang yang masuk syruga dikisahkan dalam buku “KEHIDUPAN SESUDAH MATI” mereka akan mendapatkan nikmat yang tiada tara. Mereka disambut dengan suka cita, dilayani dengan ramah tamah, mendapatkan bidadari-bidadari yang sangat amat cantik diceritakan apabila tangan salah seorang bidadari ditampakkan dilangit dunia maka seluruh dunia ini akan kesilauan malah akan menandingi berkilaunya sinar matahari, subhanallah. Mereka akan selalu perawan setelah kita menggaulinya dan nikmat terbesarnya adalah kita dapat berjumpa dan melihat wajah allah swt. Dan banyak lagi keindahan dan kenikmatan yang kita akan dapatkan disana.  Semoga kita diberi kekuatan hati, keistiqomahan dalam menyegerakan kebaikan, taat dan cinta kepada allah agar kita kelak dapat masuk ke syurgaNya. Amiin yarabbal alamin.
Dikisahkan pula dalam buku “KEHIDUPAN SESUDAH MATI” dia yang berada terakhir didalam neraka meminta kepada allah untuk dipalingkan wajahnya ke syurga karena dia sangat ingiiiin masuk syurga minimal dapat melihatnya, lalu allah berkata apakah jika aku palingkan wajahmu kesyurga maka kamu tidak akan meminta apa-apa lagi.? Orang itupun menjawab iya ya allah saya tidak akan meminta apa –apa lagi. Maka allah memalingkan wajahnya sehingga dia dapat melihat syurga, setelah dia melihat syurga hatinya pun tertegun ibaratnya sedang haus dipadang pasir lalu melihat air yang menyegarkan. Orang itupun terdiam dan terus memandangi syurga dia sungguh ingin masuk kedalamnya sampai-sampai dia tidak tahan lagi dan melanggar janjinya pada allah, dia meminta kepada allah “ya allah taruhlah saya didepan pintu syurga (emeperannya syurga)”, allah menjawab “bukankah kamu tadi berkata tidak akan meminta apa-apa lagi setelah aku palingkan wajahmu ke syurga.? Dan allah berkata apabila aku menempatkan kamu di depan pintu syurga maka apakah kamu akan meminta-minta lagi yang lain kepadaku.?” , lalu orang itupun menjawab “tidak ya allah”.  Lalu allahpun menempatkan orang tersebut di depan pintu syurga maka semakin nampak jelaslah oleh orang itu kenikmatan-kenikmatan didalam syurga. Dia pun terdiam dan tergegun memandanginya dan dia sangat ingiiiiiiiiiiiiiiiiiin sekali memasuki syurga itu, sampai-sampai dia pun tidak tahan lagi dan meminta kepada allah untuk memasukkannya kesyurga, allahpun berkata wahai anak adam banyak sekali permintaanmu dan allahpun tertawa. :D Lalu allah memasukkannya kedalam syurga. Subhanallah betapa maha penyayang dan pemurahnya allah kepada hambanya. Jangan jadikan ini sebagai alasan anda untuk berbuat maksiat karena anda berfikir bahwa pada ujungnya ada akan masuk syurga, ketahuilah 1 hari dineraka sama saja seperti puluhan,ratusan, atau  ribuan tahun didunia. Tak akan sanggup kita menanngung siksaNya karena yang paling ringan saja siksanya yaitu memakai sendal bara api yang dengannya ubun-ubun kepala kita meleleh. Taubatlah dan teruslah beramal soleh, patuhilah perintah dan syariat2nya jangan ragu lagi, jangan ragu lagi, jangan ragu lagi, jangan ragu lagi celakalah mereka yang ragu .!!!
Dari kisah diatas yang dapat kita jadikan pegangan hidup adalah betapa penyayang dan pemurahnya allah kepada hamabnya. Jangan putus asa kawan dari rahmatnya, rahmatnya begitu luas, bersabarlah dulu jangan cepat mengambil kesimpulan tanyalah dulu pada yang lebih tahu, dekatkan sedekat-dekatnya dirimu pada allah pasti kamu akan diberikan jalan keluar dari setiap permasalahanmu.
Sekarang kita masih bisa bernafas saja sudah ramhat dariNya. :)