PENDIDIKAN ANAK DI MASA KULIAH VS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Saya mendapatkan tulisan yang sangat bagus mengenai pendidikan anak yang kita selama ini keliru, tulisan ini akan membahas masa emas seorang anak dalam belajar, kita selama ini lebih mementingkan pendidikan anak pada usia 7 sampai 22 tahun yaitu SD sampai kuliah. Padahal tahukah bapak - bapak, Ibu - ibu masa prioritas pendidikan anak ada pada usia      0 - 6 tahun. 


Banyak yang mengira pendidikan anak ada di jenjang kuliah, (17 tahun) Orang tua sibuk menanamkan nilai - nilai dan nasihat karena menganggap anak sudah dewasa dan “mengerti”. Bahkan ada yang sudah punya target universitas favorit dan tabungan dana kuliah untuk anak, namun seringkali menyepelekan pendidikan anak usia dini (0 - 6 th).


padahal pendidikan terpenting ada di usia 0 - 6 tahun. ini masa absorbent mind (pikiran menyerap), dimana alam bawah sadar anak terbuka lebar, waktu terbaik untuk menanamkan nilai - nilai kehidupan, kebiasaan, dan pembentukan perilaku. selain itu, pendidikan anak usia dini menjadi sangat krusial karena dapat menentukan anak tumbuh cinta belajar arau malah jadi trauma belajar.


Karena itu, orang tua harus membekali diri dengan ilmu pendidikan anak usia dini, bahkan sejak 0 tahun. bacalah buku parenting, ikuti workshop / seminar parenting, pahami kebutuhan tumbuh kembang anak, kenali potensi uniknya dan lakukan stimulasi yang tepat.


Jika anda masih tidak percaya, simaklah contoh berikut. Saya ambil contoh, banyak orang tua menganggap anak  0 - 3 th hanya bayi kecil yang cuma bisa main dan tidak distimulasi tahap pra membaca. dari kecil tidak pernah dibaca buku, usia 4 - 6 th digempur belajar mengeja dan membaca. Anak ini kaget / kesulitan memaknai simbol yang abstrak, akhirnya tertanam di bawah alam sadarnya bahwa belajar itu sulit / tidak menyenangkan, dan besar kemungkinan di usia dewasa (sekolah / kuliah) anak malas belajar.


Jangan biarkan masa emas pendidikan anak terlewat begitu saja, jangan terlambat memberikan stimulasi yang tepat karena apa yang dipelajari anak di usia dini akan tertanam di alam bawah sadarnya dan menjadi modalnya di masa depan.


Hal ini pun sesuai hadis nabi yang artinya “Belajarlah dari buaian sampai ke liang lahat. berarti sejak umur 0 tahun kita sudah bisa mengajarkan anak tentang pelajaran aka demis atau pelajaran kehidupan sehingga itu menjadi bekal hidupnya sampai tua nanti.


semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf.


Wassalamualaikum Wr, Wb



Sumber : Pesan berantai di WhatsApp

DItulis ulang oleh M. Zahvan Akhyar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bipolar Dan Kopi

Ingin Mengakhiri HIdup.? NO Lah Yaw.. :D

Hati